Senin, 31 Maret 2014

Tadabur Alam

Oleh: Abu Gybran




Sebanyak 55 orang santri Ta'limul Qur'an Taman Cikande, mengikuti kegiatan Tadabur Alam. Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 31 Maret 2014 ini adalah kegiatan kali pertama bagi para santri. Kegiatan yang dimulai pada pukul 6 pagi hingga 10:30 berlangsung cukup seru dan menyenangkan. 

Belajar di alam terbuka bukan hanya menyenangkan bagi santri tapi dibalik itu semua tentu saja para santri dapat memahami betapa manusia telah dimanjakan oleh Allah dengan segala fasilitas yang diberikan yakni hamparan alam yang begitu indah. Alam harus dijaga, tema inilah yang diberikan pada seluruh santri. Betapa tidak, jika manusia merusak alam tentunya akan berdampak buruk bagi manusia itu sendiri. Bencana banjir dan kekurangan pangan misalnya, itu semua karena manusia tidak mampu menjaga alam. Hamparan sawah yang semestinya untuk menanam padi beralih fungsi menjadi Kawasan Industri pabrik, merupakan kesalahan manusia yang disengaja.

Kegiatan Tadabur Alam ini dibimbing oleh empat orang guru yakni Ustadz Damanhuri, Ustadz Oni, Ustadz Chaerudin dan Ustadzah Metta.

Sedini mungkin para santri atau siswa harus diperkenalkan pada alam yang telah memberikan begitu banyak penghidupan pada manusia. semoga saja kedepan mereka akan mampu melestarikan alam, mencintai alam dan bukan merusaknya.***

Tidak ada komentar: