Kamis, 25 September 2014

Cerita Bohong Seputar Batu Cincin

Oleh: Abu Gybran

Fenomena batu akik atau batu cincin berbagai jenis batu sedang digandrungi oleh banyak penggemarnya. Para pemburu batu cincin rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan berbagai jenis batu. Batu kalimaya, batu ruby, batu bacan, batu sungai dareh, batu kucubung dll. Bukan hanya berburu soal keindahan batunya, tidak sedikit pula para penggemar batu akik ini yang mempercayai bahwa batu-batu itu mempunyai kekuatan ghaib. Mereka mempercayai bahwa dalam batu akik ada makhluk penunggunya atau yang lebih dikenal dengan istilah Khadam.

Entah sudah berapa kali saya mencoba menelusuri cerita-cerita bohong yang dikemas oleh tukang-tukang batu dan para normal yang mencari keuntungan dengan menempelkan label Mustika atau Jimat yang bisa mendatangkan manfaat bagi si pemakainya.  Kita simak cerita bohong dari beberapa khasiat batu-batu berikut:

1. Batu Kalimaya

Batu jenis kalimaya ini apa bila di sorot lampu atau senter akan mengeluarkan cahaya yang berpendar warna-warni, antik dan indah. Tapi dibalik keindahannya, sering dikaitkan dengan hal-hal ghaib. Bahkan kegunaannya bisa untuk menjaga badan alias kebal terhadap senjata tajam. Konon menurut ceritanya lagi, bahwa Mustika Batu Kalimaya ini khadamnya adalah seorang laki-laki tua setingkat syekh. Bukan hanya kebal terhadap senjata tajam bagi si pemakainya, batu jenis ini pun memiliki khasiat lainnya, di antaranya;
- Kekuatan pelet terhadap lawan jenis
- Selalu beruntung dalam bisnis dan pekerjaan
- Anti ilmu hitam dan
Seabrek-abrek cerita bohong lainnya.

2. Batu Kucubung

Batu jenis kucubung ini tak kalah indahnya dengan batu kalimaya. Warnanya ungu sangat memikat. Nah, cerita bohongnya adalah batu ini mengandung energi pengasihan. Khadam yang bersemayam dalam batu ini adalah seorang nenek-nenek yang memegang tongkat kayu. Khadam tersebut bernama mbah Sawitri.

Khadam mbah Sawitri ini konon katanya mampu juga membantu pemilik batu cincin untuk mendatangkan keberuntungan, ketentraman batin dan manfaat penyembuhan. Siapa sebenarnya mbah Sawitri? Entahlah, saya juga tidak tahu. Namanya juga makhluk ghaib tentu sulit melacak alamatnya......hehehehe

Dan masih banyak jenis batu lain dengan cerita-cerita bohong yang sengaja dibesar-besarkan untuk mendongkrak harga jualnya. Lain jenis batu lain pula khadamnya. 

Perbuatan Syirik

Sebagai manusia yang beriman kepada Allah tentu sangat dilarang mempercayai dan bergantung pada kekuatan lain selain pada kekuatan Allah SWT. Secara logika saja, rasa-rasanya sulit untuk mempercayai bahwa batu cincin bisa memberikan manfaat kepada pemakainya kecuali hanya sebatas keindahan. Tapi jika ada orang yang menyampaikan bukti bahwa setelah dia memiliki batu cincin tertentu kemudian dia merasakan efeknya. Jangan dulu percaya, sebab bisa saja setan ikut campur tangan dalam perkara ini. Jadi bukan karena efek batunya tapi efek dari perbuatan setan yang telah merasuki hati si pemilik batu.

Seperti yang telah saya singgung di atas, bahwa kebohongan-kebohongan yang dikemas sedemikian rupa terkait dengan batu akik ini telah banyak menghipnotis penggemarnya. Yang lebih miris lagi, tidak tanggung-tanggung pedagang atau tukang batu cincin menggandeng seorang ustadz untuk duduk di kios batunya. Tugas ustadz adalah menerangkan faedah atau kegunaan batu yang ditanyakan oleh calon pembelinya. Hadeeeehh......ustadz salah kaprah, seharusnya bertugas amar ma'ruf nahi munkar, bukan malah jadi penerang soal batu akik.

Mempercayai serta bergantung pada kekuatan lain selain pada kekuatan Allah SWT adalah perbuatan syirik. Dan termasuk perbuatan dosa besar. Astaghfirolloh........***

 

Tidak ada komentar: