Rabu, 02 Mei 2012

Pesta Sudah Usai

Oleh: Abu Gybran

May Day sudah berlalu. Buruh dipelbagai daerah memperingati Hari Buruh dengan melakukan aksi turun ke jalan. Seperti pesta besar bagi buruh dalam menyuarakan tuntutan perbaikan kesejahteraan bagi kehidupan yang layak pada pemerintah. Secara umum peringatan Hari Buruh tahun 2012 ini berjalan lancar dan aman.

Seperti yang dirilis oleh Kompas. Com (30/4) bahwa baru 15% dari total 46 juta buruh  di Indonesia yang menjadi anggota Serikat Buruh. Bahkan lebih ironisnya lagi 85% di antaranya belum mendapatkan upah layak. Terkait dengan upah layak ini buruh sebenarnya belum mendapatkan upah layak yang sebenarnya. Sebab bagaimana mungkin mendapatkan upah layak jika komponen yang mempengaruhi standar upah layak justru tidak mencerminkan rasa keadilan (sebagaimana tercermin dalam Peraturan Menteri No. 17/2005 tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Kehidupan Layak).

Upah yang layak merupakan hak paling utama bagi buruh. Bukan hanya pengusaha tapi peran pemerintah melalui kebijakannya sangat diharapkan oleh buruh agar kesejahteraan buruh dan keluarganya mendapatkan kehidupan yang layak. Buruh pantas untuk mendapatkan kehidupan layak, sebab buruh ikut andil besar dalam pembangunan ekonomi bangsa. Bahkan tenaga kerja Indonesia di luar negeri mendapatkan gelar sebagai 'pahlawan devisa' atas perannya walau pun perlindungan pemerintah terhadap mereka belum maksimal dirasakan oleh mereka.

Kawan,....pesta sudah usai tapi pekerjaan belum selesai. Ada perjuangan besar menunggu di depan.. Terus  bergerak untuk sebuah cita-cita dan kemenangan. ***

Tidak ada komentar: