Sabtu, 17 Agustus 2013

Hidup Merdeka

Oleh: Abu Gybran

Hari ini 17 Agustus 2013, bertepatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Bendera Merah-Putih berkibar hampir disemua halaman rumah, kantor pemerintah dan swasta serta menghiasi sepanjang jalan. Namun demikian seringkali kita masih mendengar pertanyaan yang bernada pesimistis;"Benarkah negeri ini sudah merdeka?"

Menurut saya, negeri ini sudah merdeka 68 tahun yang silam, 17 Agustus 1945 dan ini adalah fakta yang tak bisa dipungkiri. Barangkali jika pertanyaannya adalah; "Apakah rakyatnya sudah merdeka?" Jawabanya mungkin bisa ya dan tidak. Sebab pada sisi yang lain kita masih menjumpai ketimpangan antara yang kaya dan miskin. Pemerataan dibidang ekonomi memang masih dirasakan kurang. Bahkan kebebasan beribadahpun seringkali terjadi diskriminasi bagi pemeluk agama minoritas. Belum lagi penegakkan hukum yang belum menyentuh keadilan secara merata.

Lantas Kemerdekaan Itu Milik Siapa?
Jawabannya tentu milik semua orang. Banyak cara orang mengisi kemerdekaan hidup ini. Berbeda jauh dengan orang-orang terdahulu untuk merebut kemerdekaan dari bangsa penjajah. Mereka harus angkat senjata bahkan menumpahkan darah untuk sebuah cita-cita yaitu merdeka. 

Merdeka kini adalah mengisi kemerdekaan itu sendiri. Menurut pandangan saya merdeka itu adalah bebas berkarya dan beribadah. Kepahlawanan hanya bisa diraih oleh orang-orang yang menginginkan adanya perubahan bagi diri, keluarga serta bangsanya. Setidaknya jadilah pahlawan untuk diri sendiri. Merdeka.....!!!   

Tidak ada komentar: