Jumat, 09 November 2012

Musim Hujan Musim Banjir


Banjiiiir.....!!!
Oleh: Abu Gybran
November, curah hujan semakin meningkat. Tidak ada yang salah dengan kejadian alam seperti ini. Bulan ini memang bulan penghujan, jadi wajar kalaupun hampir tiap hari terjadi hujan. Hanya saja yang harus diwaspadai adalah masalah banjir. Banjir sepertinya telah menjadi 'musibah rutin tahunan', kedengarannya memang rada-rada aneh; musibah kok, rutin? Biasanya yang sering menjadi 'kambing hitam' adalah banjir kiriman dari Bogor. Nah, kalau masyarakat yang tinggal di daerah rendah seperti Jakarta dan Tangerang, mempunyai pandangan seperti ini, maka persoalan banjir tidak akan pernah teratasi dan akan menjadi musibah rutin disetiap tahunnya.

Sebenarnya banyak hal kenapa banjir selalu datang disetiap musim penghujan. Bukan cuma sekadar masyarakat ceroboh buang sampah sembarangan, tapi yang paling berdampak adalah tataruang kota dari Pemerintah Daerah yang terkesan 'asal jadi' tanpa memikirkan akibat yang bakal terjadi. Contoh yang paling mengemuka adalah lahan pertanian dan hutan penyangga di Bogor berubah menjadi tempat hunian atau vila-vila peristirahatan. Di Tangerang juga hampir sama saja, lahan persawahan yang merupakan tempat resapan air berubah menjadi lahan industri.

Nah, jika peruntukkan lahan atau tataruang kota tidak dibenahi sebagaimana lazimnya oleh Pemda terkait, pasti musibah banjir akan terus berulang. Mental masyarakat juga harus dibenahi, agar tidak berlaku jorok dengan membuang sampah sembarangan.

Bagi saya, cukup sekali mengalami musibah banjir pada tahun 2011 lalu. Banjir setidaknya merendam lima RT di Taman Cikande. Untuk tahun ini, saya ragu kalau banjir tidak balik lagi, sebab pesawahan yang dekat perumahan sekarang sudah berdiri pabrik yang sangat besar. Tempat air sudah semakin sempit, kemana lagi kalau bukan ke perumahan. Sepertinya saya harus segera berlatih untuk berteriak sekeras mungkin; "Banjiiiiiirrr.....!!!!" Siapa tahu ada yang dengar dan segera disadarkan.***

Ket. gambar, banjir di Taman Cikande tahun 2011       

Tidak ada komentar: