Jumat, 16 November 2012

Pawai Obor


Selamat Tahun Baru  1434 Hijriyah
Oleh: Abu Gybran
















Bagi muslim di Indonesia, terutama bagi remaja muslim, memperingati Tahun Baru Islam mungkin masih terasa asing bagi mereka. Sebab kemeriahan Tahun Baru Islam tidak seheboh Tahun Baru Masehi yang hampir diperingati oleh seluruh umat manusia dimuka bumi ini termasuk umat Islam didalamnya. Tentu saja hal ini membuat keprihatinan para pemuka agama terhadap 'ketidaktahuan' para remaja Islam khususnya pada kalender Islam itu sendiri. Hal ini karena sistem penanggalan yang berlaku secara nasional di Indonesia menggunakan penanggalan kalender Masehi. Bahkan sekolah Islam pun menggunakan kalender Masehi. Jadi wajar kalau pelajar remaja muslim tidak hapal bulan-bulan Islam.

Untuk memberikan pencerahan pada kaum muslimin khususnya pada remaja Islam, Dewan Kemakmuran Masjid At-Taqwa, Taman Cikande, Jayanti, Tangerang mengadakan kegiatan Pawai Obor dalam memperingati Tahun Baru Islam1434 Hijriyah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh remaja masjid mulai dari tingkat anak-anak hingga remaja dan orangtua dari peserta anak-anak yang sekaligus sebagai pengawas.     

Sebelum pemberangkatan Pawai Obor yang dilaksanakan sehabis shalat isya, ustazd M. Hafiz Javed memberikan sedikit pencerahan kepada peserta mengenai makna Tahun Baru Islam. Bahkan beliau dalam ceramahnya melakukan tanyajawab dengan peserta mengenai urutan bulan-bulan Islam. Dan saya tersenyum sebab peserta tidak ada yang hafal urutan bulan-bulan Islam. Tapi ada satu bulan Islam yang mampu diingat oleh peserta yaitu Bulan Ramadhan.

Walau kegiatan peringatan Tahun Baru Islam ini tak semeriah Tahun Baru Masehi, tapi setidaknya peringatan ini mampu memberikan pencerahan khususnya pada remaja muslim, bahwa disamping berkumpul dan berzikir di masjid, beginilah cara Islam memperingati Tahun Barunya; bukan dengan pesta yang mengarah pada perbuatan maksiat. "Selamat Tahun Baru Islam 1434 Hijriyah; semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. Amin". ***

Tidak ada komentar: