Senin, 28 Oktober 2013

Remaja Taman Cikande Menari

Oleh: Abu Gybran

Taman Cikande, 27/10
Sanggar Seni Karina Enterprise yang berpusat di Tigaraksa, Tangerang, kembali mengembangkan sayapnya di Taman Cikande. Sanggar yang diketuai oleh Ki Sundara ini mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat Taman Cikande. Terbukti, pada pembukaan pertama kegiatan sanggar yang memfokuskan pada seni tari tradisional ini langsung diikuti oleh 40 siswa anak-anak dan remaja yang mendaftar.

Acara yang diselenggarakan di Balai Warga Taman Cikande RW 01 berlangsung cukup meriah. Terlebih acara pembukaan ini diselingi dengan tarian-tarian yang dibawakan oleh beberapa siswa remaja sanggar yang sudah jadi. Tentu saja ini sangat memotifasi anak-anak siswa baru untuk belajar menari.

Pentas Seni 17 Agustus
Berawal dari antusiasme para remaja pada pagelaran seni dalam pesta kemerdekaan 17 Agustus setiap tahunnya, yang kemudian beberapa tokoh masyarakat serta diamini oleh Ketua RW 01 Taman Cikande, Sugeng Prayitno,  berupaya mengadakan satu wadah sebagai sarana penyaluran bakat-bakat seni remaja. Bekerja sama dengan Sanggar Seni Karina Enterprise merupakan bukti dari keseriusan masyarakat Taman Cikande dalam pembangunan, khususnya melalui jalur seni.

Saya sebagai warga, sangat mengapresiasi kegiatan yang diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja ini. Setidaknya menurut saya kegiatan ini akan berdampak positif bagi perkembangan remaja kedepannya. Bukan perkara yang mudah mengarahkan kehidupan anak-anak serta remaja pada nilai-nilai yang mampu memberikan pengembangan untuk diri mereka dan masyarakat di lingkungannya. Pendekatan melalui jalur seni merupakan salah satu langkah cerdas untuk mengajak mereka bersosialisasi.

Remaja Taman Cikande Menari
Melihat para remaja Taman Cikande tampil dalam pagelaran seni tingkat nasional adalah harapan dan impian. Dan ini bisa diwujudkan jika kegiatan ini didukung oleh seluruh komponen masyarakat Taman Cikande. Melestarikan tarian tradisional merupakan salah satu kepedulian kita terhadap seni dan budaya bangsa sendiri. Kalau bukan kita lantas siapa lagi?.

Harapan kita adalah kedepan, saya yakin dalam waktu dekat kita akan melihat remaja-remaja Taman Cikande akan menjadi penari-penari tradisional yang handal. Semoga.*** . 


Tidak ada komentar: