Jumat, 28 Februari 2014

Ini Soal Kita


Oleh: Abu Gybran

Kau telanjangi aku dengan pertanyaan yang berputar-putar
dan aku telah menjawabnya dengan jawaban seperti yang kemarin kau dengar
Tapi kau tak mau berhenti berkata-kata
seperti nyanyian camar di tepian pantai berpasir
Aku mengerti, ada yang ingin kau dapati dari riak-riak ombak yang membentur dinding karang
Kau tak kan mampu untuk menafsirkannya
kau terlalu muda untuk mengerti sepenuhnya, separuh dari perjalananku tak kan mampu kau kejar
Tapi ini soal kita
dimana kita sering membicarakannya

Aku mengalah
memperlambat langkah

Tapi rasanya;  selalu saja ada keraguan yang menjerat
ada isyarat yang kutangkap dari riuhnya camar itu
Aku selalu mencoba  menepisnya dengan segala rasa
mengumpulkan keyakinan yang tercecer, di bawah kaki kita
Membukukannya menjadi satu cerita, soal kita

Kadang kita terperangkap oleh kesombongan kita sendiri
memaksakan, menjejalkan satu bab yang kita anggap bisa mewarnai cerita kita
Kita tahu; bukan saja cerita itu tidak enak dibaca
tapi telah merusak cerita yang sebenarnya, soal kita

Kita sudahi cerita kita
melarungnya di lautan lepas
Lepas, ya lepas. Seperti camar yang terbang bebas

( Tangerang, 28 Februari 2014 )


Tidak ada komentar: