Rabu, 21 November 2012

Aksi Sweeping Buruh

Sweeping Buruh Ala Freman
Oleh: Abu Gybran

Saya selalu mendukung setiap aksi buruh yang menuntut perubahan perbaikan terutama soal upah murah. Tapi kali ini saya dikejutkan oleh aksi sweeping buruh yang dilakukan oleh sekelompok freman yang mengendarai sepeda motor 'menerabas' masuk pabrik dimana saya bekerja.

PT. Pearland, jam 12:30 saat buruh sedang beristirahat, sekelompok buruh entah dari mana dengan mengendarai sekitar 15 kendaraan sepeda motor langsung masuk lokasi pabrik berteriak-teriak mengajak buruh yang bekerja untuk ikut aksi. Mereka 'bersenjatakan' kayu dan menendang-nendang tong sampah. Padahal tindakkan mereka juga tergolong sampah. Mereka seperti mau perang tapi bingung siapa yang mau diperangin..!!!

Mereka berteriak mengancam dan menebar ketakutan pada buruh yang tidak ikut melakukan aksi. Bahkan ada salah seorang buruh perempuan yang sedang hamil pingsan karena ketakutan. Buruh yang sedang bekerja terpaksa keluar, bukan ikut aksi tapi pulang. Lagi pula buat apa mengikuti ajakan freman?

Setahu saya, hari ini memang ada aksi buruh yang dilakukan oleh teman-teman buruh dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) menuntut upah layak di tahun 2013. Saya tidak yakin kalau mereka yang melakukan aksi sweeping ke tempat saya kerja adalah anggota dari SPN. Mereka tidak mengenakan seragam dan ketika saya tanya siapa kordinatornya, mereka diam. Kalau dugaan saya benar bahwa mereka bukanlah dari anggota Serikat Pekerja, lantas siapa mereka?

Apa, ya, ada penyusup pada setiap aksi buruh......???
Atau mungkin benar bahwa yang melakukan sweeping buruh ala freman itu adalah anggota dari Serikat Buruh? Sekali lagi saya tidak yakin kalau yang melakukannya itu adalah murni buruh. Tapi jika benar pelaku sweeping anarkis itu adalah dari anggota Serikat Buruh, hah.....saya tidak bisa bicara apa-apa. Seperti inikah wajah buruh Indonesia???

Saya adalah buruh pabrik. Saya selalu mendukung aksi buruh untuk sebuah perubahan yang baik dengan cara-cara yang baik pula tentunya. Saya benci aksi buruh yang anarkis....!!! ***

Tidak ada komentar: